Memperkenalkan produk ke brand ternama
memang tidak mudah dan membutuhkan strategi. Promosi adalah media yang paling
cocok untuk membuat penjualan berhasil. Tanpa promosi, produsen tidak mungkin
mengetahui merk produk yang akan dijual.
Langkah-langkah yang harus dilakukan
sebelum menentukan media promosi adalah:
A.
Menetukan apa yang ingin Anda capai
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target
pasar yang potensial. Pastikan produk dapat memenuhi persyaratan target yang
kami tentukan. Bagaimana kita menentukan target pasar yang benar? Untuk
menentukannya, tentukan dulu kelompok pembelinya. Cara penentuannya tidak hanya
berdasarkan demografi, tetapi Anda juga harus melihat kebiasaan membeli mereka.
Jika sudah ditentukan maka akan lebih mudah menganalisis konsep promosi yang
akan dijalankan.
B.
Pahami kepribadian target pelanggan
Karakteristik konsumen harus ditentukan agar diperoleh
strategi pemasaran yang tidak biasa agar mampu menarik dan menarik perhatian
mereka. Misalnya memasarkan produk snack dengan label konsumen pada kategori
anak-anak. Saat menggunakan gaya dan desain yang sesuai dengan dunia Anda.
C.
Buat konsep promosi
Lakukan promosi atau tema pemasaran untuk menarik konsumen
atau target pasar yang Anda identifikasi sebelumnya, seperti menambahkan slogan
atau pesan yang menarik. Anda bisa memaksimalkan informasi dengan menggabungkan
pesan dengan event tertentu, seperti The Botol Sosro Metode pemasaran
perusahaan minuman lokal ini selalu diingat oleh semua orang, apapun
makanannya, minumannya adalah The Botol Sosro.
D.
Sertakan keunggulan produk yang bisa
membedakannya dengan produknya
Saat mempromosikan produk, Anda tidak hanya harus memiliki
konsep pemasaran, tetapi juga memasukkan keunggulan produk. Hal ini dilakukan
agar konsumen mengetahui apa yang membuat produk Anda berbeda dari produk
sejenis lainnya. Karena pada dasarnya pilihan konsumen dimulai dari tingkat
peningkatan produsen, sehingga Anda dapat menarik perhatian konsumen dengan
cara ini, yaitu dengan menunjukkan bahwa produk Anda memiliki nilai tambah yang
tidak dimiliki merek lain, seperti lebih banyak fitur, Komposisi lebih baik dan
lain-lain.
E.
Buatlah rencana promosi yang menarik
Memberikan diskon atau memberikan produk gratis dapat
membuat rencana promosi bersama. Kuncinya adalah bisa menciptakan kegiatan
promosi yang melibatkan konsumen untuk "mempromosikan" produk atau
merek kita. Misalnya, jika produknya berupa masakan, kami dapat memberikan gift
card kepada pelanggan yang mengikuti kompetisi. Kartu hadiah ini dapat
digunakan untuk pembelian berikutnya atau hadiah lainnya.
F.
Promosikan secara online
Bagi pedagang internet, ini seperti surga untuk promosi.
Pelaku bisnis dapat menggunakan platform media sosial untuk dengan bebas
memilih metode promosi yang mereka inginkan, dari berbayar hingga gratis.
Namun, agar tidak hanya merilis produk tanpa mendapatkan penjualan apa pun,
sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut agar promosi di media sosial lebih
efektif.
a. Berikan promosi tambahan untuk audiens Anda di media
sosial. Ini tidak hanya menarik pelanggan lama, tetapi juga menarik perhatian
pelanggan baru.
b. Secara aktif mengundang pelanggan untuk berdiskusi di media
sosial dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.
c. Buat konten yang akan dipromosikan dengan cara yang menarik
dan teratur. Konten tersebut harus bersifat informatif dan dapat menggugah
keingintahuan masyarakat sehingga khalayak tidak menganggap bahwa akun media
sosial hanya sebagai tempat promosi. Dalam pemilihan konten, pastikan itu masih
statis
d. Terkait produk Anda, misalnya jika produk Anda adalah obat
kecantikan,
e. Anda dapat memposting artikel tentang
pentingnya perawatan tubuh, dll.
G. Lakukan promosi offline
Walaupun saat ini promosi online atau pemasaran online
sudah menjadi trend, namun promosi offline memiliki pengaruh yang besar
terhadap penjualan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan publikasi
seperti biasa yaitu dengan menyebarkan brosur, iklan surat kabar dan media
cetak, atau beriklan di papan reklame.
H. Berikan sampel gratis
Sebagian besar pembeli tertarik membeli setelah mencoba
produk tersebut, jadi tidak ada salahnya memberikan sampel gratis kepada calon
pelanggan. Versi uji coba gratis ini tidak hanya cocok untuk makanan, tetapi
juga produk seperti perangkat lunak atau produk yang tidak dapat dimakan.
Misalnya dengan menyediakan aplikasi manajemen keuangan dengan masa uji coba
gratis selama 30 hari.
I. Berpartisipasi aktif dalam pameran
Pameran juga merupakan salah satu cara paling efektif untuk
mempromosikan produk kepada publik. Ini karena pengunjung yang berpartisipasi
memenuhi target konsumen yang Anda tetapkan. Dengan cara ini, Anda bisa
langsung membidik aktivitas pemasaran. Tidak hanya mendapatkan pelanggan,
tetapi Anda dapat menambahkan koneksi, yang dapat membantu mengembangkan bisnis
Anda di masa depan. Selain itu, pameran akan memperoleh informasi tren pasar
yang disukai masyarakat dengan melihat minat pengunjung produk di area pameran.
Dengan cara ini, strategi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis dapat
dirumuskan.
J. Gunakan data konsumen untuk promosi
Tujuan pengumpulan data konsumen adalah untuk dapat memberikan promosi atau penawaran terbaru dari merek yang dijual langsung oleh konsumen menggunakan platform email atau Messenger. Dengan menghubungi customer secara langsung maka promosi tidak akan sia-sia, sehingga kemungkinan besar akan terjadi pembelian. Tidak hanya promosi, cara ini juga bisa Anda gunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda tidak hanya harus terus mengirimkan saham promosi, tetapi juga memberi selamat pada Anda pada momen tertentu di hari ulang tahun atau hari libur Anda.
TUGAS PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
KELAS XII
SMK NEGERI 1 BATANG CENAKU
Bentuk
kelompok, satu kelompok empat orang
Buatlah
sebuah video pendek mempromosikan sebuah produk/iklan, boleh produk makanan,
barang, jasa, atau aplikasi online (diluar game dan sosial media baik facebook,
instagram, whatsapp, tiktok, dll)
Video
berdurasi minimal 1 menit
Gunakan
bahasa yang santun, jelas dan baik
Upload
video tersebut ke youtube, boleh di channel pribadi maupun channel kelompok
Catatan:
Waktu
pembuatan paling lambat tanggal 06 maret 2021ight
dilarang mengambil video milik orang lain, karna akan langsung terkena copyright dari youtube dan mengurangi nilai tugas.
Bagi
yang sudah selesai, kirimkan link channel youtube ke guru mapel PKK untuk
penilaian
~good luck~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan komen di bawah