MENENTUKAN MEDIA PROMOSI | Software MOD Indonesia
close


Jumat, 26 Februari 2021

MENENTUKAN MEDIA PROMOSI

  pradana96       Jumat, 26 Februari 2021

 

Memperkenalkan produk ke brand ternama memang tidak mudah dan membutuhkan strategi. Promosi adalah media yang paling cocok untuk membuat penjualan berhasil. Tanpa promosi, produsen tidak mungkin mengetahui merk produk yang akan dijual.

 

Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum menentukan media promosi adalah:

A.    Menetukan apa yang ingin Anda capai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar yang potensial. Pastikan produk dapat memenuhi persyaratan target yang kami tentukan. Bagaimana kita menentukan target pasar yang benar? Untuk menentukannya, tentukan dulu kelompok pembelinya. Cara penentuannya tidak hanya berdasarkan demografi, tetapi Anda juga harus melihat kebiasaan membeli mereka. Jika sudah ditentukan maka akan lebih mudah menganalisis konsep promosi yang akan dijalankan.

B.    Pahami kepribadian target pelanggan

Karakteristik konsumen harus ditentukan agar diperoleh strategi pemasaran yang tidak biasa agar mampu menarik dan menarik perhatian mereka. Misalnya memasarkan produk snack dengan label konsumen pada kategori anak-anak. Saat menggunakan gaya dan desain yang sesuai dengan dunia Anda.

C.    Buat konsep promosi

Lakukan promosi atau tema pemasaran untuk menarik konsumen atau target pasar yang Anda identifikasi sebelumnya, seperti menambahkan slogan atau pesan yang menarik. Anda bisa memaksimalkan informasi dengan menggabungkan pesan dengan event tertentu, seperti The Botol Sosro Metode pemasaran perusahaan minuman lokal ini selalu diingat oleh semua orang, apapun makanannya, minumannya adalah The Botol Sosro.

D.    Sertakan keunggulan produk yang bisa membedakannya dengan produknya

Saat mempromosikan produk, Anda tidak hanya harus memiliki konsep pemasaran, tetapi juga memasukkan keunggulan produk. Hal ini dilakukan agar konsumen mengetahui apa yang membuat produk Anda berbeda dari produk sejenis lainnya. Karena pada dasarnya pilihan konsumen dimulai dari tingkat peningkatan produsen, sehingga Anda dapat menarik perhatian konsumen dengan cara ini, yaitu dengan menunjukkan bahwa produk Anda memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki merek lain, seperti lebih banyak fitur, Komposisi lebih baik dan lain-lain.

E.    Buatlah rencana promosi yang menarik

Memberikan diskon atau memberikan produk gratis dapat membuat rencana promosi bersama. Kuncinya adalah bisa menciptakan kegiatan promosi yang melibatkan konsumen untuk "mempromosikan" produk atau merek kita. Misalnya, jika produknya berupa masakan, kami dapat memberikan gift card kepada pelanggan yang mengikuti kompetisi. Kartu hadiah ini dapat digunakan untuk pembelian berikutnya atau hadiah lainnya.

F.     Promosikan secara online

Bagi pedagang internet, ini seperti surga untuk promosi. Pelaku bisnis dapat menggunakan platform media sosial untuk dengan bebas memilih metode promosi yang mereka inginkan, dari berbayar hingga gratis. Namun, agar tidak hanya merilis produk tanpa mendapatkan penjualan apa pun, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut agar promosi di media sosial lebih efektif.

a. Berikan promosi tambahan untuk audiens Anda di media sosial. Ini tidak hanya menarik pelanggan lama, tetapi juga menarik perhatian pelanggan baru.

 

b. Secara aktif mengundang pelanggan untuk berdiskusi di media sosial dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

 

c.  Buat konten yang akan dipromosikan dengan cara yang menarik dan teratur. Konten tersebut harus bersifat informatif dan dapat menggugah keingintahuan masyarakat sehingga khalayak tidak menganggap bahwa akun media sosial hanya sebagai tempat promosi. Dalam pemilihan konten, pastikan itu masih statis

 

d. Terkait produk Anda, misalnya jika produk Anda adalah obat kecantikan,

e. Anda dapat memposting artikel tentang pentingnya perawatan tubuh, dll.

 

G. Lakukan promosi offline

Walaupun saat ini promosi online atau pemasaran online sudah menjadi trend, namun promosi offline memiliki pengaruh yang besar terhadap penjualan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan publikasi seperti biasa yaitu dengan menyebarkan brosur, iklan surat kabar dan media cetak, atau beriklan di papan reklame.

H. Berikan sampel gratis

Sebagian besar pembeli tertarik membeli setelah mencoba produk tersebut, jadi tidak ada salahnya memberikan sampel gratis kepada calon pelanggan. Versi uji coba gratis ini tidak hanya cocok untuk makanan, tetapi juga produk seperti perangkat lunak atau produk yang tidak dapat dimakan. Misalnya dengan menyediakan aplikasi manajemen keuangan dengan masa uji coba gratis selama 30 hari.

I.  Berpartisipasi aktif dalam pameran

Pameran juga merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan produk kepada publik. Ini karena pengunjung yang berpartisipasi memenuhi target konsumen yang Anda tetapkan. Dengan cara ini, Anda bisa langsung membidik aktivitas pemasaran. Tidak hanya mendapatkan pelanggan, tetapi Anda dapat menambahkan koneksi, yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda di masa depan. Selain itu, pameran akan memperoleh informasi tren pasar yang disukai masyarakat dengan melihat minat pengunjung produk di area pameran. Dengan cara ini, strategi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis dapat dirumuskan.

J.  Gunakan data konsumen untuk promosi

Tujuan pengumpulan data konsumen adalah untuk dapat memberikan promosi atau penawaran terbaru dari merek yang dijual langsung oleh konsumen menggunakan platform email atau Messenger. Dengan menghubungi customer secara langsung maka promosi tidak akan sia-sia, sehingga kemungkinan besar akan terjadi pembelian. Tidak hanya promosi, cara ini juga bisa Anda gunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda tidak hanya harus terus mengirimkan saham promosi, tetapi juga memberi selamat pada Anda pada momen tertentu di hari ulang tahun atau hari libur Anda.


TUGAS PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII

SMK NEGERI 1 BATANG CENAKU

 

Bentuk kelompok, satu kelompok empat orang

Buatlah sebuah video pendek mempromosikan sebuah produk/iklan, boleh produk makanan, barang, jasa, atau aplikasi online (diluar game dan sosial media baik facebook, instagram, whatsapp, tiktok, dll)

Video berdurasi minimal 1 menit

Gunakan bahasa yang santun, jelas dan baik

Upload video tersebut ke youtube, boleh di channel pribadi maupun channel kelompok

Catatan:

Waktu pembuatan paling lambat tanggal 06 maret 2021ight

dilarang mengambil video milik orang lain, karna akan langsung terkena copyright dari youtube dan mengurangi nilai tugas.

Bagi yang sudah selesai, kirimkan link channel youtube ke guru mapel PKK untuk penilaian

 

~good luck~


logoblog

Thanks for reading MENENTUKAN MEDIA PROMOSI

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen di bawah