Mahmud Mach Foedz
Perkembangan usaha adalah perdagangan
yg dilakukan oleh sekelompok orang yg terorganisasi untuk mendapatkan laba
dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan
konsumen.
Brown dan Petrello
Pengembangan
Usaha adalah suatu lembaga yg menghasilkan barang dan jasa yg dibutuhkan
masyarakat.apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnispun akan
meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil
memperoleh laba.
Steinford
Pengembangan Usaha adalah aktifitas yg menyediakan barang atau jasa yg
diperlukan oleh konsumen yg memiliki badan usaha, maupun perorangan yg tidak
memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti, pedagang kaki lima yg tidak
memiliki surat izin tempat usaha.
Glos,
Steade dan Lawry
Pengembangan
usaha adalah jumlah seluruh kegiatan yg diorganisir oleh orang-orang yg
berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yg menyediakan barang dan
jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas
hidup mereka.
Jadi kesimpulannya Pengembangan
Usaha adalah Tugas dan proses persiapan analisis tentang peluang
pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang prtumbuhan
usaha, tetapi tidak termasuk keputusan strategi dan implementasi dari peluang
pertumbuhan usaha.
Sedangkan untuk usaha yang besar terutama di bidang
teknologi industri, pengembangan Usaha adalah istilah yang sering mengacu
pada pengaturan dan mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang
lain. Pengembangan suatu usaha adalah tanggung jawab dari setiap pengusaha
atau wirausaha yang membutuhkan pandangan kedepan, motivasi dan
kreativitas(Anoraga, 2007:66). Jika hal ini dapat dilakukan oleh setiap
wirausaha, maka besarlah harapan untuk dapat menjadikan usaha yang semula kecil
menjadi skala menengah bahkan menjadi sebuah usaha besar. Kegiatan bisnis dapat
dimulai dari merintis usaha (starting), membangun kerjasama ataupun dengan
membeli usaha orang lain atau yang lebih dikenal dengan franchising.
Namun yang perlu diperhatikan adalah
kemana arah bisnis tersebut akan dibawa. Maka dari itu, dibutuhkan suatu
pengembangan dalam memperluaskan dan mempertahankan bisnis tersebut agar dapat
berjalan dengan baik. Untuk melaksanakan pengembangan bisnis dibutuhkan
dukungan dari berbagai aspek seperti bidang produksi dan pengolahan, pemasaran,
SDM,teknologi dan lain-lain.
UNSUR PENGEMBANGAN
USAHA
Unsur yang berasal dari
dalam ( pihak internal ) :
a) Adanya niat dari si
pengusaha / wirausaha untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.
b) Mengetahui teknik
memproduksi barang seperti berapa banyak barang yang harus diproduksi , cara
apa yang harus digunakan untuk mengembangkan barang / produk , dan lain – lain.
c) Membuat anggaran yang
bertujuan seberapa besar pemasukkan dan pengeluaran produk.
Unsur dari pihak luar (
Pihak eksternal) :
a) Mengikuti
perkembangan informasi dari luar usaha.
b) Mendapatkan dana
tidak hanya mengandalakan dari dalam seperti meminjam dari luar.
c) Mengetahui kondisi
lingkungan sekitar yang baik / kondusif untuk usaha
d) Harga dan kualitas
ialah unsur strategi yang paling umum ditemui.
e) Cakupan jajaran
produk.
·
TINGKATAN
DALAM PENGEMBANGAN USAHA
1.
Tingkat Produk
Pada level produk pengembangan usaha
berarti mengembangkan produk atau teknologi baru. Meskipun tingkat pengembangan
dapat berbeda dari perusahaan ke perusahaan. Tingkat perkembangan usaha dibagi
menjadi satu kategori yaitu :
Perkembangan incremental, Perkembangan
Incremental adalah perkembangan yang meningkatkan fungsi yang ada platform atau
teknologi, sementara pengembangan mengganggu atau terputus-putus benar-benar
hal baru yang dikembangkan dari awal. Misalnya dari pembangunan berkelanjutan
adalah tambahan ekstensi untuk produk yang sudah ada seperti baru baru ini
untuk sampo, kamera digital dengan pixel 5MIO untuk ponsel. Dalam kedua kasus
platform ponsel, shampo dan mobile tetap sama.
2.
Tingkat Komersial
Dalam contoh bentuk pengembangan usaha
di tingkat komersial berarti prospeksi murni. Ini berarti berburu pelanggan
baru di segmen pasar yang baru. Dengan demikian pekerjaan ini memerlukan
individu secara psikologis yang kuat dan yang sangat didorong mampu menangani
banyak masalah. Tingkat berikutnya dari pengembangan usaha komersial adalah
saluran atau setup organisasi penjualan. Saluran atau organisasi penjualan
dapat terdiri dari mitra, agen seperti, distributor, pemegang lisensi,
franchisee, atau cabang anda sendiri baik dalam skala nasional ataupun internasional.
Dan terakhir tingkat pengembangan usaha komersial adalah tingkat rantai nilai.
Pada pengembangan rantai nilai tingkat usaha adalah tentang mengembangkan
penawaran produk secara keseluruhan akan menemukan jenis pengembangan usaha /
bisnis di perusahaan – perusahaan teknologi yang telah mengembangkan platform
yang harus diintegrasikan atau dikombinasikan dengan teknologi lain atau
platform untuk membentuk seluruh produk. Sebuah seluruh produk umumnya terdiri
dari beberapa teknologi untuk membuatnya menjadi hidup.Sebuah teknologi pada
umumnya tidak dikembangkan oleh satu perusahaan tapi bersumber dari orang lain
yang bertujuan untuk menghemat waktu dalam proses usaha .
3.
Tingkat Korporasi
Bila organisasi harus memutuskan apakah
akan membuat atau membeli kompetensi organisasi tertentu Kemudian memasuki
bidang pengembangan bisnis perusahaan. Fokusnya adalah bukan pada produk maupun
komersial tingkat tetapi pada korporasi tingkatan usaha.
4.
Tingkat keamanan
dalam proses penjualan barang
Menjual produk dengan harga yang
terjangkau dan memiliki kualitas yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan komen di bawah