A.
PENGENALAN CORELDRAW
CorelDRAW merupakan program aplikasi desain
grafis intuitif dan menyediakan
banyak fasilitas yang menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam membuat sebuah
obyek desain grafis.
B.
MEMULAI CORELDRAW
Untuk memulai CoreDRAW klik Start,
kemudian All Programs, Corel Graphics Suite 11, dan klik CorelDRAW 11.
1) New Graphic
digunakan untuk membuat sebuah
obyek gambar yang baru.
2) Open Last Edited digunakan untuk membuka
file obyek gambar
yang pernah disunting terakhir kali.
3) Open
Graphic digunakan untuk
membuka obyek gambar yang pernah disimpan sebelumnya.
4) Template digunakan untuk membuat
sebuah obyek gambar
yang baru dengan menggunakan fasilitas Template.
5) CorelTUTOR
digunakan untuk membuka
lembar kerja tutorial.
C.
JENDELA CORELDRAW
o
Menu Bar, bagian yang berisi beberapa pilihan menu untuk
menjalankan suatu perintah.
o
Tool Box, bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk
membuat dan memodifikasi obyek gambar.
o
Tool Bar, bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk
menjalankan suatu perintah.
o
Property
Bar, bagian
yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan tombol perintah atau obyek yang aktif.
o
Drawing Page, area yang digunakan untuk mengolah obyek gambar.
Bagian ini juga merupakan area pencetakan gambar.
o
Color Palette, bagian yang berisi daftar pilihan warna yang
dapat kita gunakan untuk memberi warna pada obyek gambar.
D.
MENGGAMBAR
DESAIN OBYEK GRAFIS
1. Menggambar
Obyek Kotak
o
Klik
Rectangle Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik dan tahan tombol
Mouse pada bagian
Drawing Page, kemudian
geser hingga membentuk obyek gambar persegi
panjang dan lepaskan
Mouse.
Atau
o
Klik 3
Point Rectangle Tool pada bagian Tool Box
o
Klik
dan tahan Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian geser untuk membentuk obyek
dasar gambar persegi
panjang, dan lepaskan
Mouse.
o
Lanjutkan dengan
menentukan tinggi persegi
panjang yaitu dengan
meng- klik Mouse pada posisi yang berbeda.
2.
Menggambar
Bujur Sangkar
o
Klik
Rectangle Tool pada bagian Tool Box.
o
Tekan
tombol Ctrl, klik dan tahan Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian geser hingga membentuk
obyek gambar bujur
sangkar, lepaskan Mouse.
3.
Menggambar
Obyek Lingkaran
o
Klik
Ellipse Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik
dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing Page kemudian geser hingga membentuk obyek gambar Elips
dan lepaskan Mouse.
Atau
o
Klik 3
Point Ellipse Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik dan tahan tombol
Mouse pada bagian
Drawing Page, kemudian
geser untuk membentuk obyek
dasar gambar elips dan lepaskan
Mouse.
o
Lanjutkan dengan menentukan tinggi
elips yaitu dengan
meng-klik Mouse pada posisi
yang berbeda.
4.
Menggambar Lingkaran
o
Klik
Ellipse Tool pada bagian Tool Box.
o
Tekan
tombol Ctrl, klik dan tahan Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian geser
hingga membentuk obyek gambar lingkaran, lepaskan Mouse.
5.
Menggambar
Obyek Garis Dan Kurva
·
Menggambar Garis dan Poligon
o
Klik
Freehand Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik
Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian klik untuk mengakhiri pembentukan
obyek gambar garis lurus.
Kita dapat membuat garis lurus dengan
kemiringan kelipatan dari 15O, yaitu :
o
Klik
Freehand Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik
Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian tekan tombol Ctrl dan arahkan Pointer
ke segala arah untuk menentukan sudut kemiringan garis. Klik disembarang posisi yang kita kehendaki.
Untuk membuat Poligon caranya
adalah sebagai berikut :
o
Klik
Freehand Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik
Mouse untuk mengawali pembentukan segmen pertama, kemudian klik ganda (2 kali
klik) untuk membentuk segmen kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.
o
Klik
disembarang posisi yang anda kehendaki untuk mengakhiri pembentukan obyek garis lurus.
·
Menggambar Kurva
o
Klik
Freehand Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik
dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian geser Mouse untuk
membentuk obyek gambar kurva dan lepaskan Mouse
·
Menggambar Bezier
Bezier
merupakan sebuah garis atau kurva dalam bentuk segmen-segmen yang dihubungkan
oleh titik-titik.
o
Klik Bezier
Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik
Mouse untuk mengawali pembentukan garis, klik ganda untuk mengakhiri
pembentukan garis.
o
Untuk membuat
garis dengan segmen
yang banyak , klik Mouse untuk
mengawali pembentukan segmen pertama, klik lagi untuk membentuk segmen kedua, ketiga dan seterusnya. Klik ganda
untuk mengakhiri pembentukan garis segmen.
Untuk membentuk kurva caranya
adalah :
o
Klik
Bezier Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik
dan tahan tombol Mouse untuk membentuk titik pertama, geser titik kendali ke
arah lain untuk membentuk lengkung kurva dan lepaskan Mouse.
o
Arahkan
Pointer pada posisi lain untuk membentuk titik kedua kemudian klik dan tahan tombol Mouse lagi, geser titik kendali
ke arah lain untuk membentuk
lengkung kurva dan klik ganda untuk mengakhiri pembentukan Kurva.
·
Menggambar
Media Artistik
Artistic Media Tool digunakan untuk
membentuk bermacam-macam variasi coretan kuas.
Ada 5 pilihan
pola coretan kuas, yaitu Preset,
Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure.
Untuk
mengatur pola coretan digunakan :
-
Freehand
Smoothing, digunakan untuk mengatur faktor kelembutan tepi obyek coretan yang kita buat dengan nilai konsentrasi 0 – 100.
-
Artistic Media
Tool Width, digunakan untuk mengatur faktor
ketebalan obyek coretan yang kita buat dengan nilai konsentrasi 0,03” – 10”.
Berikut contoh cara menggambarnya :
o
Klik
Artistic Media Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik tombol
Preset pada bagian
Property Bar.
o
Pilih pola coretan kuas dari kotak Stroke List.
o
Atur konsentrasi faktor kelembutan sisi obyek coretan
kuas pada kotak Freehand Smoothing di Property Bar
sesuai kebutuhan.
o
Buat
sembarang bentuk obyek coretan kuas pada bagian Drawing Page.
o
Atur
konsentrasi faktor ketebalan obyek coretan kuas pada kotak Artistic Media Tool Width di Property
Bar sesuai kebutuhan.
·
Menggambar Pen
Pen Tool mirip
dengan Bezier Tool, yaitu untuk membentuk obyek garis atau kurva dalam bentuk
segmen-segmen yang dihubungkan oleh titik- titik.
·
Menggambar Polyline
Polyline Tool mirip dengan
Freehand Tool, yaitu
untuk membentuk obyek garis dalam bentuk segmen-segmen yang dihubungkan oleh titik-titik.
·
Menggambar
Kurva 3 Titik
o
Klik 3
Point Curve Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik
dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian geser untuk membentuk
obyek dasar gambar kurva dan lepaskan Mouse.
o
Lanjutkan
dengan menentukan tinggi kurva, yaitu dengan meng-klik Mouse pada posisi yang berbeda.
6.
Menggambar Obyek Poligon
·
Menggambar Poligon
o
Klik
Polygon Tool pada bagian Tool Box.
o
Klik
dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian geser untuk membentuk
obyek dasar poligon.
·
Menggambar
Graph Paper
o
Klik
Polygon Tool pada bagian Tool Box.
o
Tentukan
jumlah kolom dan baris pada bagian Graph Paper Columns and Rows pada bagian
Property Box.
o
Klik
dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian geser untuk membentuk
obyek gambar kertas grafik.
·
Menggambar Spiral
Ada beberapa fungsi untuk mengatur tatanan spiral,
yaitu :
-
Spiral Revolution, untuk menentukan jumlah spiral dengan
nilai 1-100.
-
Symmetrical Spiral,
untuk membentuk obyek spiral yang simetris.
-
Logarithmic Spiral,
untuk membentuk obyek spiral yang logaritmik.
-
Spiral
Expantion Faktor, untuk mengatur jarak mengembang pada spiral yang berpola logaritmik.
Cara menggambarnya :
o
Klik
Spiral Tool pada bagian Tool Box.
o
Ketik nilai
perputaran spiral pada kotak Spiral
Revolutions pada bagian Property Box.
o
Klik
salah satu tombol pembentuk spiral, Symmetrical Spiral atau Logarithmic Spiral.
Jika memilih Logarithmic Spiral, tentukan
pula jarak mengembang pada bagian Spiral Expantion Faktor.
o
Geser
secara diagonal pada bagian Drawing Page sampai terbentuk spiral dengan ukuran yang dikehendaki.
7.
Menggambar
Obyek Lain
Ada 5 kategori bentuk untuk menggambar obyek yang
tidak terdefinisikan :
1) Basic
Shapes, untuk menggambar
berbagai macam variasi bentuk seperti segitiga, jajaran genjang, trapesium dan sebagainya.
2) Arrows
Shapes, untuk menggambar
berbagai macam variasi bentuk anak
panah.
3) Flowchart
Shapes, untuk menggambar
berbagai macam variasi bentuk diagram alur.
4) Star Shapes, untuk menggambar berbagai macam variasi
bentuk bintang.
5) Callout
Shapes, untuk menggambar
berbagai macam variasi bentuk teks keterangan gambar yang tidak terdefinisikan.
E. BEKERJA DENGAN OBYEK GRAFIS
1. Menyalin
dan Menggandakan Obyek
·
Metode Copy
1) Pilih obyek.
2) Gunakan salah satu perintah berikut untuk
menyalin obyek.
Ø Pilih perintah menu Edit, kemudian Copy.
Ø Klik tombol Copy pada bagian Tool Bar standar.
Ø Tekan tombol Ctrl+C.
Ø Klik kanan pada bagian obyek dan pilih
perintah Copy.
3)
Gunakan salah satu perintah berikut untuk menempatkan (menempelkan) obyek hasil
salinan pada bagian Drawing Page.
Ø Pilih perintah menu Edit, kemudian Paste.
Ø Klik tombol Paste pada bagian Tool Bar standar.
Ø Tekan tombol Ctrl+V.
Ø Klik kanan pada bagian obyek dan pilih
perintah Paste.
4)
Obyek
hasil salinan akan diletakkan dengan posisi menumpuk atau menumpuk obyek
sumber. Pindahkan dengan cara meng-klik, tahan dan geser obyek salinan ke
posisi lain.
·
Metode Duplicate, yaitu menggandakan obyek
dan menempatkannya langsung
pada Drawing Page.
1) Pilih obyek.
2) Gunakan salah satu perintah berikut untuk
menyalin obyek.
Ø Pilih perintah menu Edit, kemudian Duplicate.
Ø Tekan tombol Ctrl+D.
3) Hasil penggandaan akan diletakkan dengan
posisi berdampingan dengan obyek sumber.
4) Untuk mendapatkan obyek penggandaan yang
lebih dari 1, lakukan langkah ke-2 berulang-ulang.
2.
Menghapus Obyel
1) Pilih obyek.
2) Gunakan salah satu perintah berikut untuk menghapusnya.
Ø Pilih perintah menu Edit, kemudian Delete.
Ø Tekan tombol Delete pada Keyboard.
Ø Klik kanan pada bagian obyek dan pilih
perintah Delete.
3.
Mengatur
Posisi Obyek
1)
Memindahkan Obyek, untuk memindahkan dalam halaman yang sama caranya
adalah dengan meng-klik, tahan, dan menggesernya. Untuk memindahkan ke halaman
lain caranya adalah :
Ø Geser obyek di atas Tab halaman tujuan.
Ø Geser obyek ke Drawing Page di dalam
halaman tujuan.
2)
Mendorong Obyek, adalah memindahkan obyek secara berlahan-lahan
dengan menggunakan anak panah pada Keyboard.
4.
Memutar Obyek
1) Pilih obyek.
2) Pilih perintah menu Window, Dockers, Transformation, dan Rotate.
3) Kosongkan kotak cek Relative Center dalam jendela Transformation untuk memutar obyek secara bebas. Aktifkan kotak cek Relative Center jika ingin memutar obyek disekitar titik-titik yang berhubungan dengan posisi obyek.
4) Ketik nilai perputaran dalam kotak Angle.
5) Tentukan titik rotasi obyek, atau ketik nilai rotasi dalam kotak H dan V untuk menentukan posisi horizontal dan vertikal.
6) klik tombol apply untuk menjalankan perintah
5.
Mencerminkan Obyek
Mencerminkan
obyek berarti memutar obyek dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Caranya
sama dengan memutar obyek, tetapi yang aktif adalah tombol Scale and Mirror.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan komen di bawah