PENYUSUNAN PAPARAN DESKRIPTIF, NARATIF, ARGUMENTATIF, DAN PERSUASIF TENTANG PRODUK/JASA | Software MOD Indonesia
close


Minggu, 04 Oktober 2020

PENYUSUNAN PAPARAN DESKRIPTIF, NARATIF, ARGUMENTATIF, DAN PERSUASIF TENTANG PRODUK/JASA

  pradana96       Minggu, 04 Oktober 2020

Memahami Paparan deskriptif, naratif, argumentasi, dan persuasif tentang  produk jasa - Kocheng BarBar




A.    Paparan Deskriptif
1.    Pengertian Paparan Deskriptif
Paparan Deskriptif adalah teks yang berisi gambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara terperinci. Deskripsi merupakan suatu teknik menulis mengunakan detail dengan tujuan membuat pembaca seakan-akan menyaksikan, melihat, merasakan produk tersebut. Ciri-ciri paparan deskriptif adalah sebagai berikut.
a.    Menggambarkan atau menuliskan suatu objek seperti benda, tempat, atau suasana tertentu
b.    Melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan)
c.     Menjelaskan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti warna, ukuran, bentuk, dan kepribadian secara terperinci
d.    Banyak ditemukan kata-kata atau frase yang bermakna keadaan atau kata sifat

2.    Penyesunan Paparan deskriptif Tentang Produk/jasa
Dalam melakukan penyusunan paparan deskriptif haruslah memperhatikan kententuan-ketentuan sebagai berikut.
a.    Pilihlah bahasa yang sesuai dengan target pasar
b.    Kurangi istilah teknis yang rumit
c.     Tulis keunggulan produk
d.    Cantumkan spesifikasi produk
e.    Lengkapi dengan foto produk yang baik
f.      Buatlah deskirpsi yang unik dan orisinil
g.    Buat agar mudah dibaca secara skimming

B.    Paparan Naratif Tentang Produk/Jasa
1.    Pengertian Paparan Naratif
Secara umum, paparan naratif adalah teks yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, pengalaman pribadi, atau sebuah produk berdasarkan urutan-urutan kejadian atau peristiwa.
Ciri-ciri paparan naratif sebagai berikut.
a.    Mementingkan urutan waktu maupun urutan peristiwa
b.    Tidak hanya terdapat pada karya fiksi ( cerpen, novel, roman) tetapi juga terdapat dalam tulisan non-fiksi (biografi, sejarah, promosi, dan lain sebagainya)
c.     Berusaha menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”

2.    Penyusunan Paparan Naratif Tentang Produk/Jasa
a.    Menentukan Produk yang akan Dipaparkan
b.    Menetapkan sasaran pembaca
c.     Merancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur secara urut
d.    Merangkai menjadi satu paragraf yang padu
e.    Menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pasar

C.    Paparan Argumentatif Tentang Produk/Jasa
1.    Pengertian Paparan Argumentatif
Paparan Argumentatif atau argumentasi ialah teks yang terdiri atas paparan alasan dan penyintesisan pendapat untuk membangun suatu kesimpulan. Paparan argumentasi ditulis dengan maksud untuk memberikan alasan, untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Paparan ini termasuk paparan yang paling sulit bila dibandingkan dengan paparan yang lain. Dan paparan ini lebih penting atau lebih berharga daripada jenis paparan yang lainnya. Paparan argumentatif juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a.    Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin
b.    Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar atau grafik, dan lain-lain
c.     Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian
d.    Penutup berisi kesimpulan
e.    Mengandung data atau fakta yang dapat dipertanggungjawabkan
f.      Penjelasannya disampaikan secara logis

2.    Penyusunan Paparan Argumentatif Tentang Produk/Jasa
a.    Menentukan terlebih dahulu produk dan topik  argumentasi yang akan kita susun
b.    Mementukan tujuan kita berargumentasi dalam penulisan itu
c.     Agar pembaca dapat meyakini uraian pada paparan, kita perlu mencari bahan yang cukup dan dapat dikembangkan dari topic yang telah dipilih
d.    Menyusun kerangka karangan berdasarkan topik dan tujuan yang telah kita tentukan

D.   Paparan Persuasif Tentang Produk/Jasa
1.    Pengertian Paparan Persuasif
Merupakan teks yang bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Paparan ini biasanya berisi ide, gagasan, atau pendapat penulis disertai imbauan atau ajakan kepada orang lain.
Ciri-ciri paparan persuasive adalah sebagai berikut.
a.    Ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu
b.    Persuasi bertolak dari pendirian bahwa pikiran manusia dapat dirubah
c.     Harus menimbulkan kepercayaan kepada pembacanya
d.    Persuasi harus dapat menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan antara penulis dengan pembaca
e.    Persuasi sedapat mungkin menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai
f.      Persuasi memerlukan fakta dan data

2.    Penyusunan Paparan Persusif tentang produk/Jasa
Terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.
a.    Menentukan produk atau topik atau tema
b.    Merumuskan tujuan
c.     Mengumpulkan data dari berbagai sumber
d.    Menyusun kerangka karangan
e.    Mengembangkan kerangka paparan menjadi paparan persuasif


KERJAKAN TUGAS DIBAWAH INI:


logoblog

Thanks for reading PENYUSUNAN PAPARAN DESKRIPTIF, NARATIF, ARGUMENTATIF, DAN PERSUASIF TENTANG PRODUK/JASA

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen di bawah