Pengertian Promosi
Ketika mendengar kata promosi yang terbesit di pikiran anda adalah harga murah, atau diskon besar besaran. Tetapi apa sesungguhnya pengertian promosi itu.
Menurut Kamus Besar Bahasa indonesia; promosi adalah perkenalan dalam rangka memajukan usaha perdagangan.
Sedangkan menurut Fandy Tjiptono pengertian promosi adalah suatu langkah persuasif secara langsung lewat penggunaan berbagai instensif yang dapat diatur guna merasangsang pembelian produk segera atau untuk meningkatkan penjualan produk yang dibeli pelanggan.
Menurut American Marketing Association (AMA) promosi adalah “Sales promotion is media and non media marketing pressure applied for a predetermined, limited period of time in order to stimulate trial, increase consumer demand, or improve product quality”.
Dari pengertian diatas promosi dapat diterjemahkan sebagai upaya pemasaran melalui media maupun non medi guna merasang coba coba konsumen, meningkatkan permintaan dari konsumen maupun meningkatkan kualitas produk.
Secara keseluruhan dari pengertian promosi diatas dapat disimpulkan, promosi adalah suatu upaya perkenalan yang dilakukan untuk memajukan usaha perdagangan dan memperbaiki kualitas produk baik melalui sarana media maupun non media.
Tujuan Promosi
Kegiatan promosi tidak hanya bertujuan terbatas sebagai sarana komunikasi antara perusahaan dan konsumen, melainkan dapat juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau pemakaian jasa sesuai dengan keinginan.
Secara umum tujuan dilakukan kegiatan promosi adalah sebagai berikut:
- Sebagai alat untuk mengimformasikan (informing) yang meliputi:
- Menginformasikan kepada pasar mengenai keberadaan suatu produk.
- Menjelaskan fungsi dan cara kerja produk itu sendiri
- Untuk menyampaikan perubahan harga (biasanya kearah yang lebih rendah).
- Untuk memperkenalkan barang atau jasa yang ada.
- Guna meluruskan informasi yang keliru.
- Guna mengurangi rasa ketakutan atau rasa kekhawatiran konsumen.
- Untuk membangun citra perusahaan di mata konsumen
- Membujuk pelanggan sesaran/calon pelanggan (Persuading), untuk:
- Membentuk pilihan merk.
- Guna mengalihkan pilihan merk tertentu.
- Untuk mengubah persepsi konsumen terhadap atribut produk.
- Mendorong pembeli untuk membeli atau berbelanja pada saat itu juga.
- Dll
- Sarana mengingatkan (Reminding) yang meliputi:
- Untuk mengingatkan konsumen bahwa produk tersebut dibutuhkan dalam waktu dekat.
- Memberitahukan kepada konsumen tempat atau lokasi produk tersebut di jual.
- Agar konsumen tetap ingat kepada produk tersebut walaupun sudah tidak dilakukan promosi lagi.
- Membuat atau menjaga agar ingat konsumen jatuh pada produk perusahaan.
Jenis pilihan media promosi
Promosi dapat dilakukan berbagai cara mulai dari tatap langsung hingga melalui media sebagai perantara, misalnya melalui Koran, Majalah, Radio, TV, Hingga internet (media online). Berikut ini perbandingan keuntungan dan kerugian terhadap sarana media tersebut.
berikut link soal yang harus di kerjakan!
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSf1Qkq2wgUtFSp8t4Ve7yPd9o685yzhhkkX8s9yb9U9YCn_XQ/viewform
berikut link soal yang harus di kerjakan!
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSf1Qkq2wgUtFSp8t4Ve7yPd9o685yzhhkkX8s9yb9U9YCn_XQ/viewform
Hadir
BalasHapus